Header website TND.png

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang

"Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan dibawah naungan Mahkamah Agung R.I"  

UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG KE-74

on . Dilihat: 848

Pangkalpinang, 19 Agustus 2019. Merupakan Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74. Upacara dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB di halaman kantor Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, yang diikuti oleh seluruh pengadilan sewilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Ibu Asnahwati langsung bertindak sebagai pembina upacara dihadapan peserta upacara.

hutmari74.jpg

Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-74 ini mengambil tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani”. Tema ini merefleksikan bahwa saat ini semua lembaga yang memberikan layanan publik dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat, serta mampu melakukan inovasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat. Inovasi dalam konteks modernisasi layanan merupakan hal yang penting sebagai pendorong bagi lembaga-lembaga yang memberikan layanan publik agar senantiasa responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta merupakan sarana perwujudan keterbukaan dan akuntabilitas lembaga publik kepada masyarakat.

hutmari74e-300x225.jpg

 

2.jpeg

Dalam kesempatan Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke-74 ini juga akan diluncurkan e-litigasi dengan disahkan Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik telah meredesain praktik peradilan Indonesia khususnya terkait sengketa perdata dan Tata Usaha Negara dari sistem konvensional menjadi sistem yang setara dengan praktik peradilan modem yang telah diterapkan oleh negara-negara yang dikenal maju dari sisi teknologi. Kebijakan terkait e- litigasi memuat tiga hal utama sebagai pengembangan dari e-court yaitu pertukaran dokumen elektronik (Jawaban, Replik, Duplik, dan Kesimpulan), Pembuktian Elektronik, dan Penyampaian Putusan Secara Elektronik. Seiring pengesahan kebijakan ini, Mahkamah Agung telah bergerak cepat dengan membuat petunjuk teknis serta melakukan sosialisasi ke Hakim dan aparatur peradilan yang lembaganya akan dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan e-litigasi.

Dan bersamaan juga diluncurkan Himne Mahkamah Agung. Himne ini diharapkan bisa mempersatukan tekad, semangat, dan jiwa seluruh warga peradilan serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan warga peradilan terhadap lembaga peradilan.

Seluruh rangkaian upacara berjalan dengan tertib, lancar dan khidmat, ditutup dengan do’a. Setelah upacara dibubarkan maka dilakukan sesi poto bersama seluruh warga pengadilan sewilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian acara di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng untuk memperingati hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-74, yang di serahkan oleh WKPT Babel kepada WKPTA Kep. Babel dan para ketua pengadilan tingkat pertama, dan dilanjutkan dengan makan bersama.

1.jpeg

Setelah mengikuti Upacara yang dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, seluruh warga Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang bertolak ke kantor Pengadilan Tata USaha Negara Pangkalpinang untuk melanjutkan acara peringatan HUT Mahkamah Agung RI dengan rangkaian acara : menyanyikan Himne Mahkamah Agung, pemotongan tumpeng, serta membagikan hadiah bagi pemenang lomba yang diadakan di kantor PTUN Pangkalpinang.

6.jpeg

7.jpeg

9.jpeg

5.jpeg

10.jpeg

4.jpeg

 

 

"Selamat Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-74"

3.jpeg

 

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas