.
.
URAIAN TUGAS DAN FUNGSI KESEKRETARIATAN PENGADILAN |
Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara Serang adalah aparatur tata usaha negara yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara Serang dipimpin oleh Sekretaris. Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara Serang mempunyai tugas melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana di lingkungan Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang menyelenggarakan fungsi :
|
Dalam menjalankan tugas melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana, Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Serang dibantu oleh beberapa kepala sub bagian. Sebagaimana tersebut pada Bab XI Bagian Ketiga Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2015 tugas pokok dan fungsi Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara adalah aparatur tata usaha negara yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara. Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara dipimpin oleh Sekretaris. Berdasarkan hal tersebut di atas, Kesekretariatan Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang terdiri atas : |
A. Sub Bagian Umum dan Keuangan
Subbagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan pelaksanaan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, hubungan masyarakat, perpustakaan, serta pengelolaan keuangan. Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Sub Bagian Umum dan Keuangan memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dengan biaya yang serendah-rendahnya dan juga merupakan pedoman atau acuan dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku.
Berikut merupakan SOP Sub Bagian Umum dan Keuangan pada Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang :
|
NO | NOMOR SOP | SOP | FILE |
1 | SOP/001/UM/2023 | Pengelolaan Surat Masuk | Klik Disini |
2 | SOP/002/UM/2023 | Pengelolaan Surat Keluar | Klik Disini |
3 | SOP/003/UM/2023 | Permohonan Permintaan Kebutuhan Sehari-Hari Perkantoran (ATK & ART) | Klik Disini |
4 | SOP/004/UM/2023 | Pencatatan Pembelian Kebutuhan Sehari-Hari Perkantoran | Klik Disini |
5 | SOP/005/UM/2023 | Pendistribusian Barang Kebutuhan Sehari-Hari Perkantoran (ATK & ART) | Klik Disini |
6 | SOP/006/UM/2023 | Opname Fisik Persediaan DIPA 01 dan DIPA 05 | Klik Disini |
7 | SOP/007/UM/2023 | Administrasi Keamanan Kantor | Klik Disini |
8 | SOP/008/UM/2023 | Administrasi Kebersihan Kantor | Klik Disini |
9 | SOP/009/UM/2023 | Permohonan Permintaan Pemeliharaan dan Perbaikan BMN Kantor | Klik Disini |
10 | SOP/010/UM/2023 | Pengelolaan Perpustakaan | Klik Disini |
11 | SOP/011/UM/2023 | Persiapan Kegiatan Rapat | Klik Disini |
12 | SOP/012/UM/2023 | Penginputan Data pada Aplikasi SAKTI Modul Aset Tetap | Klik Disini |
13 | SOP/013/UM/2023 | Rekon Internal SAKTI Modul Aset Tetap dengan SAKTI Modul GLP | Klik Disini |
14 | SOP/014/UM/2023 | Pengelolan Gaji Induk, Gaji Susulan, dan Kekurangan Gaji | Klik Disini |
15 | SOP/015/UM/2023 | Pengajuan Uang Makan ASN | Klik Disini |
16 | SOP/016/UM/2023 | Pengajuan Remunerasi dan Transportasi Hakim | Klik Disini |
17 | SOP/017/UM/2023 | Pembayaran Remunerasi dan Transportasi Hakim | Klik Disini |
18 | SOP/018/UM/2023 | Pengajuan Uang Persediaan (UP) | Klik Disini |
19 | SOP/019/UM/2023 | Pembayaran Melalui Uang Persediaan (UP) | Klik Disini |
20 | SOP/020/UM/2023 | Pengajuan Ganti Uang Persediaan (GUP) | Klik Disini |
21 | SOP/021/UM/2023 | Pembayaran Langsung Pihak Ketiga | Klik Disini |
22 | SOP/022/UM/2023 | Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) | Klik Disini |
23 | SOP/023/UM/2023 | Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran | Klik Disini |
24 | SOP/024/UM/2023 | Pengelolaan Laporan Keuangan (LK) Bulanan | Klik Disini |
25 | SOP/025/UM/2023 | Penetapan Status Pengguna Barang Milik Negara | Klik Disini |
26 | SOP/026/UM/2023 | Mekanisme Pelayanan Prioritas | Klik Disini |
27 | SOP/027/UM/2023 | Penyusunan Laporan Keuangan Semester dan Tahunan | Klik Disini |
.
B. Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana (KEPEG ORTALA)
Subbagian Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan urusan kepegawaian, penataan organisasi dan tata laksana
Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dengan biaya yang serendah-rendahnya dan juga merupakan pedoman atau acuan dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku.
Berikut merupakan SOP Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana pada Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang :
|
NO | NOMOR SOP | SOP | FILE |
1 | SOP/001/KP/2023 | Pengiriman Daftar Nominatif Rencana Kenaikan Pangkat | Klik Disini |
2 | SOP/002/KP/2023 | Berkas Usul Kenaikan Pangkat | Klik Disini |
3 | SOP/003/KP/2023 | Berkas Usul Promosi Jabatan dan Mutasi | Klik Disini |
4 | SOP/004/KP/2023 | Usul Kartu Taspen, Karis/Karsu dan KPE | Klik Disini |
5 | SOP/005/KP/2023 | Penyelesaian Permohonan Cuti | Klik Disini |
6 | SOP/006/KP/2023 | Pembuatan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang | Klik Disini |
7 | SOP/007/KP/2023 | DUK dan Bezetting | Klik Disini |
8 | SOP/008/KP/2023 | Penyelesaian Surat Keluar (Surat KP4, Surat Keterangan dll) | Klik Disini |
9 | SOP/009/KP/2023 | Memproses Kenaikan Gaji Berkala | Klik Disini |
10 | SOP/010/KP/2023 | Penyelesaian Surat Keluar (Surat KP4, Surat Keterangan dll) | Klik Disini |
11 | SOP/011/KP/2023 | Perencanaan dan Penyusunan Target Kinerja | Klik Disini |
12 | SOP/012/KP/2023 | Membuat Surat Pernyataan Menduduki Jabatan (SPMJ), Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT), dan Surat Pernyataan Pelantikan (SPP) | Klik Disini |
13 | SOP/013/KP/2023 | Perencanaan dan Penyusunan Target Kinerja | Klik Disini |
14 | SOP/014/KP/2023 | Penilaian Kinerja | Klik Disini |
15 | SOP/015/KP/2023 | Pelaporan Bulanan | Klik Disini |
16 | SOP/016/KP/2023 | Pembuatan Naskah Acara Kedinasan | Klik Disini |
17 | SOP/017/KP/2023 | Penilaian Kinerja Pegawai | Klik Disini |
18 | SOP/018/KP/2023 | Implementasi dan Monitoring LHKPN | Klik Disini |
19 | SOP/001/KP/2023 | Izin Keluar Kantor Hakim dan Pegawai | Klik Disini |
.
C. Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan (PTIP)
Subbagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan mempunyai tugas:
Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan (PTIP) memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dengan biaya yang serendah-rendahnya dan juga merupakan pedoman atau acuan dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku.
Berikut merupakan SOP Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan (PTIP) pada Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang :
|
NO | NOMOR SOP | SOP | FILE |
1 | SOP/001/PTIP/2024 | Penyusunan Rencana Kerja Anggaran-Kementerian Lembaga (RKA-KL) | Klik Disini |
2 | SOP/001/PTIP/2024 | Penanganan Surat Masuk Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan | Klik Disini |
3 | SOP/001/PTIP/2024 | Indikator Kinerja Utama (IKU) | Klik Disini |
4 | SOP/001/PTIP/2024 | Program Kerja Tahunan | Klik Disini |
5 | SOP/001/PTIP/2024 | Rencana Strategis | Klik Disini |
6 | SOP/001/PTIP/2024 | Rencana Kinerja Tahunan (RKT) | Klik Disini |
7 | SOP/001/PTIP/2024 | Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) | Klik Disini |
8 | SOP/001/PTIP/2024 | Dokumentasi Data dan Informasi Dalam Website | Klik Disini |
9 | SOP/001/PTIP/2024 | Pengelolaan Jaringan, Peralatan, dan Maintenance Server | Klik Disini |
10 | SOP/001/PTIP/2024 | Penyusunan dan Pengarsipan Laporan Bulanan | Klik Disini |
11 | SOP/001/PTIP/2024 | Penyusunan, Pengiriman dan Pengarsipan Laporan Tahunan | Klik Disini |
12 | SOP/001/PTIP/2024 | Pengajuan Revisi POK (DIPA) | Klik Disini |
13 | SOP/001/PTIP/2024 | Pengelolaan Website | Klik Disini |
14 | SOP/001/PTIP/2024 | Pengukuran Kinerja dan Pengumpulan Data Kinerja | Klik Disini |