logo web.jpg

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

Prosedur Pengembalian Sisa Panjar Biaya Perkara

1. Setelah Majelis Hakim membacakan putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, kemudian Ketua Majelis membuat perincian biaya yang telah diputus dan diberikan kepada Pemegang Kas untuk dicatat dalam Buku Jurnal Keuangan Perkara dan Buku Induk Keuangan Perkara

2. Pemohon / Penggugat selanjutnya menghadap kepada Pemegang Kas untuk menanyakan perincian penggunaan panjar biaya perkara yang telah ia bayarkan, dengan memberikan informasi nomor perkaranya.

3. Pemegang Kas berdasarkan Buku Jurnal Keuangan Perkara memberi penjelasan mengenai rincian penggunaan biaya perkara kepada Pemohon/Penggugat.

Catatan :
Apabila terdapat sisa panjar biaya perkaranya, maka Pemegang Kas membuatkan  kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dengan menuliskan jumlah uang sesuai sisa yang ada dalam buku jurnal dan diserahkan kepada Pemohon / Penggugat untuk ditanda tangani.

Kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara terdiri dari 3 (tiga) lembar :

-    Lembar pertama untuk pemegang kas.

-    Lembar kedua untuk Pemohon / Penggugat

-    Lembar ketiga untuk dimasukkan ke dalam berkas perkara.

4. Pemohon / Penggugat setelah menerima kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dan menanda tanganinya, kemudian menyerahkan kembali kwitansi tersebut kepada Pemegang Kas.

5. Pemegang Kas menyerahkan uang sejumlah yang tertera dalam kwitansi tersebut beserta tindasan pertama kwitansi kepada pihak Pemohon/Penggugat.

Catatan :

  • Apabila Pemohon / Penggugat tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan atau tidak mengambil sisa panjarnya pada hari itu, maka oleh Panitera melalui surat akan diberitahukan adanya sisa panjar biaya perkara yang belum ia ambil.
  • Sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia tanggal  13 Juni 2008 Nomor: 04 Tahun 2008 Tentang Pemungutan Biaya Perkara, maka kepada Penggugat diberitahukan untuk mengambil sisa Panjar Biaya Perkara, karena apabila biaya tersebut tidak diambil dalam waktu 6 ( Enam ) bulan setelah diberitahukan maka uang kelebihan tersebut dikeluarkan dalam buku jurnal yang bersangkutan dan dicatat sebagai uang tak bertuan yang akan disetor pada Kas Negara.

Informasi Pendaftaran Perkara

 

>> Pertama  
 

Pihak Penggugat atau Kuasa Hukum datang ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palembang dengan membawa :

- Surat Gugatan ( permohonan yang berisi tuntutan agar keputusan yang digugat dinyatakan batal ) sebanyak 8 Rangkap,
- Fotocopy Keputusan Tata Usaha Negara yang digugat (objek gugatan) sebanyak 4 Rangkap jika tidak ada mengisi Surat Pernyataan
- Surat Kuasa Khusus apabila diwakikan kepada Kuasa Hukum;

>> Kedua  
  Di PTUN Pihak Penggugat menghadap petugas Meja Pertama  di kepaniteraan muda perkara (Panmud Perkara) dan menyerahkan berkas gugatan;
>> Ketiga  
  Petugas Meja Pertama memeriksa kelengkapan berkas dengan menggunakan daftar  periksa (check list) dan meneruskan berkas yang telah selesai diperiksa kelengkapannya kepada Panitera Muda Perkara untuk menyatakan berkas telah lengkap atau tidak lengkap.
>> Keempat  
  Panitera Muda Perkara meneliti berkas:
a.  APABILA BERKAS BELUM LENGKAP :
     Panitera Muda Perkara mengembalikan berkasyang belum lengkap dengan melampirkan daftar periksasupaya  Penggugat dapat melengkapi  kekurangannya.
b.  APABILA SUDAH LENGKAP :
       Dikembalikan kepada Petugas Meja Pertamamenyerahkan kembali surat gugatan kepada Penggugatdisertai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar(SKUM)dalam rangkap 3 (tiga ) agar membayar Panjar BiayaPerkara.
>> Kelima  
  Pihak Penggugatsetelah menerima SKUM menuju Bank yang ditunjuk (BRI) untuk membayar panjar biaya perkara dengan mengisi slip penyetoran panjar biaya perkara. Pengisian data dalam slip Bank tersebut sesuai dengan SKUM seperti nomor urut dan besarnya biaya penyetoran;
>> Keenam  
  Setelah Penggugat menerima slip bank yang telah divalidasi oleh petugas layanan bank, selanjutnya menunjukkan slip bank tersebut dan menyerahkan SKUM kepada pemegang kas;
>> Ketujuh  
  Pemegang kas setelah meneliti slip bank, kemudian memberi tanda lunas dalam SKUM dan menyerahkan kembali kepada penggugat asli dan tindasan pertama SKUM serta surat gugatan;
>> Kedelapan  
  Penggugat menyerahkan kepada Petugas Meja Pertama surat gugatan serta tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM);
>>Kesembilan  
  Petugas Meja Kedua mendaftar/mencatat surat gugatan dalam register bersangkutan serta memberi nomor register pada surat gugatan  yang diambil dari nomor pendaftaran yang diberikan oleh pemegang kas;
>> Kesepuluh  
  Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali 1 (satu) rangkap surat gugatan yang telah diberi nomor register kepada pihak Penggugat atau Kuasa Hukumnya selanjutnya menunggu panggilan dari pengadilan;

 

Tata Cara Berperkara Secara E-Court

Tata Cara Pendaftaran Pengguna Secara E-Court

1.ecourt.jpg

 

Tata Cara Pendaftaran Gugatan Online

2.ecourt.jpg

 

 

Tata Cara Pembayaran Biaya Perkara Secara Online

3.ecourt.jpg

 

 

Panggilan Secara Elektronik (E-Summons)

5.ecourt.jpg

 

 

Kemudahan menggunakan E-Court

4.ecourt.jpg

 

Panduan Manual E-court :

1.  user_manual_e-Court_untuk_advokat.pdf

2.  user_manual_e-Court_untuk_pengadilan_tingkat_pertama.pdf  

3.  user_manual_e-Court_untuk_pengadilan_banding.pdf  

4.  user_manual_fitur_ecourt_pada_SIPP.pdf  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

Profil Cakim

BIODATA

 

ayub.jpeg

Nama

:

Ayub Lubis, S.H.

Tempat Tanggal Lahir

:

Sidikalang, 20 November 1991

N I P

:

19911120 201712 1 007

Jabatan

:

CPNS/CAKIM

Golongan

:

(III/a) Penata Muda

 

BIODATA

 

azka.jpeg

Nama

:

Azza Azka Norra, S.H

Tempat Tanggal Lahir

:

Pati, 11 April 1990

N I P

:

19900411 201712 1 007

Jabatan

:

CPNS/CAKIM

Golongan

:

(III/a) Penata Muda

BIODATA

 

vivi.jpeg

Nama

:

Vivi Ayunita Kusumandari, S.H

Tempat Tanggal Lahir

:

Surabaya, 29 Maret 1991

N I P

:

19910329 201712 2 003

Jabatan

:

CPNS/CAKIM

Golongan

:

(III/a) Penata Muda

 

BIODATA

 

lailaturrahmah.jpg

Nama

:

Lailaturrahmah, S.H

Tempat Tanggal Lahir

:

Ambon, 1 April 1992

N I P

:

19920401 201712 2 002

Jabatan

:

CPNS/CAKIM

Golongan

:

(III/a) Penata Muda

 

BIODATA

 

mevi.jpeg

Nama

:

Mevi Primaliza, S.H

Tempat Tanggal Lahir

:

Bengkulu, 22 Agustus 1989

N I P

:

19890822 201712 2 002

Jabatan

:

CPNS/CAKIM

Golongan

:

(III/a) Penata Muda

{tab Riwayat Jabatan}

RIWAYAT JABATAN

No

Jabatan

Satuan Kerja

Terhitung Mulai Tanggal

1.

CPNS/CAKIM

Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang  

 

 {tab Riwayat Pendidikan}

RIWAYAT PENDIDIKAN

No

Nama Lembaga

Jurusan Tahun Lulus

1.

SDN 90 Bengkulu - 2001

2.

SMPN 8 Bengkulu - 2004

3.

SMAN 2 Bengkulu - 2007

4.

Universitas Bengkulu (S1) Ilmu Hukum 2011

5.

Universitas Indonesia (S2) Ilmu Hukum 2013

6.

Universitas Indonesia (S3) Ilmu Hukum 2017

 

DIPA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA PANGKALPINANG

Setiap Tahun Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang mendapatkan Anggaran berupa DIPA, DIPA tersebut merupakan acuan untuk pelaksanaan Anggaran untuk kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang, adapun DIPA tersebut adalah sebagai berikut :

Tahun Anggaran

Unit Organisasi

(Badan Urusan Administrasi)

Unit Organisasi

(Badan Peradilan Militer dan TUN)

2019   DIPA AWAL.pdf     DIPA AWAL.pdf 
    REVISI KE 1.pdf     REVISI KE 1.pdf 
    REVISI KE 2.pdf     REVISI KE 2.pdf  
    REVISI KE 3.pdf     REVISI KE 3.pdf  
    REVISI KE 4.pdf    
    REVISI KE 5.pdf    
    REVISI KE 6.pdf    
    REVISI KE 7.pdf