logo web.jpg

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

Siwas Whistleblowing System

 Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

 Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indoneisa akan merahasiakan identitas diri anda sebagai whistleblower dan menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda Laporkan.

http://siwas.mahkamahagung.go.id/

Pengaduan Juga dapat disampaikan melalui:

Surat elektronik (e-mail):

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Telepon/Faksimile :
(021) 29079274
Meja Pengaduan Badan Pengawasan MA RI
Surat:
Kepala Badan Pengawasan MA RI
Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Cempaka
Putih Timur Jakarta Pusat – 13011
Atau Kotak Pengaduan Pada Badan Pengawasan

 

Prosedur Pengembalian Sisa Panjar Biaya Perkara

1. Setelah Majelis Hakim membacakan putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, kemudian Ketua Majelis membuat perincian biaya yang telah diputus dan diberikan kepada Pemegang Kas untuk dicatat dalam Buku Jurnal Keuangan Perkara dan Buku Induk Keuangan Perkara

2. Pemohon / Penggugat selanjutnya menghadap kepada Pemegang Kas untuk menanyakan perincian penggunaan panjar biaya perkara yang telah ia bayarkan, dengan memberikan informasi nomor perkaranya.

3. Pemegang Kas berdasarkan Buku Jurnal Keuangan Perkara memberi penjelasan mengenai rincian penggunaan biaya perkara kepada Pemohon/Penggugat.

Catatan :
Apabila terdapat sisa panjar biaya perkaranya, maka Pemegang Kas membuatkan  kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dengan menuliskan jumlah uang sesuai sisa yang ada dalam buku jurnal dan diserahkan kepada Pemohon / Penggugat untuk ditanda tangani.

Kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara terdiri dari 3 (tiga) lembar :

-    Lembar pertama untuk pemegang kas.

-    Lembar kedua untuk Pemohon / Penggugat

-    Lembar ketiga untuk dimasukkan ke dalam berkas perkara.

4. Pemohon / Penggugat setelah menerima kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dan menanda tanganinya, kemudian menyerahkan kembali kwitansi tersebut kepada Pemegang Kas.

5. Pemegang Kas menyerahkan uang sejumlah yang tertera dalam kwitansi tersebut beserta tindasan pertama kwitansi kepada pihak Pemohon/Penggugat.

Catatan :

  • Apabila Pemohon / Penggugat tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan atau tidak mengambil sisa panjarnya pada hari itu, maka oleh Panitera melalui surat akan diberitahukan adanya sisa panjar biaya perkara yang belum ia ambil.
  • Sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia tanggal  13 Juni 2008 Nomor: 04 Tahun 2008 Tentang Pemungutan Biaya Perkara, maka kepada Penggugat diberitahukan untuk mengambil sisa Panjar Biaya Perkara, karena apabila biaya tersebut tidak diambil dalam waktu 6 ( Enam ) bulan setelah diberitahukan maka uang kelebihan tersebut dikeluarkan dalam buku jurnal yang bersangkutan dan dicatat sebagai uang tak bertuan yang akan disetor pada Kas Negara.

Informasi Pendaftaran Perkara

 

>> Pertama  
 

Pihak Penggugat atau Kuasa Hukum datang ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pangkalpinang dengan membawa :

- Surat Gugatan ( permohonan yang berisi tuntutan agar keputusan yang digugat dinyatakan batal ) sebanyak 8 Rangkap,
- Fotocopy Keputusan Tata Usaha Negara yang digugat (objek gugatan) sebanyak 4 Rangkap jika tidak ada mengisi Surat Pernyataan
- Surat Kuasa Khusus apabila diwakikan kepada Kuasa Hukum;

>> Kedua  
  Di PTUN Pihak Penggugat menghadap petugas Meja Pertama  di kepaniteraan muda perkara (Panmud Perkara) dan menyerahkan berkas gugatan;
>> Ketiga  
  Petugas Meja Pertama memeriksa kelengkapan berkas dengan menggunakan daftar  periksa (check list) dan meneruskan berkas yang telah selesai diperiksa kelengkapannya kepada Panitera Muda Perkara untuk menyatakan berkas telah lengkap atau tidak lengkap.
>> Keempat  
  Panitera Muda Perkara meneliti berkas:
a.  APABILA BERKAS BELUM LENGKAP :
     Panitera Muda Perkara mengembalikan berkasyang belum lengkap dengan melampirkan daftar periksasupaya  Penggugat dapat melengkapi  kekurangannya.
b.  APABILA SUDAH LENGKAP :
       Dikembalikan kepada Petugas Meja Pertamamenyerahkan kembali surat gugatan kepada Penggugatdisertai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar(SKUM)dalam rangkap 3 (tiga ) agar membayar Panjar BiayaPerkara.
>> Kelima  
  Pihak Penggugatsetelah menerima SKUM menuju Bank yang ditunjuk (BRI) untuk membayar panjar biaya perkara dengan mengisi slip penyetoran panjar biaya perkara. Pengisian data dalam slip Bank tersebut sesuai dengan SKUM seperti nomor urut dan besarnya biaya penyetoran;
>> Keenam  
  Setelah Penggugat menerima slip bank yang telah divalidasi oleh petugas layanan bank, selanjutnya menunjukkan slip bank tersebut dan menyerahkan SKUM kepada pemegang kas;
>> Ketujuh  
  Pemegang kas setelah meneliti slip bank, kemudian memberi tanda lunas dalam SKUM dan menyerahkan kembali kepada penggugat asli dan tindasan pertama SKUM serta surat gugatan;
>> Kedelapan  
  Penggugat menyerahkan kepada Petugas Meja Pertama surat gugatan serta tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM);
>>Kesembilan  
  Petugas Meja Kedua mendaftar/mencatat surat gugatan dalam register bersangkutan serta memberi nomor register pada surat gugatan  yang diambil dari nomor pendaftaran yang diberikan oleh pemegang kas;
>> Kesepuluh  
  Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali 1 (satu) rangkap surat gugatan yang telah diberi nomor register kepada pihak Penggugat atau Kuasa Hukumnya selanjutnya menunggu panggilan dari pengadilan;

 

Tata Cara Berperkara Secara E-Court

Tata Cara Pendaftaran Pengguna Secara E-Court

1.ecourt.jpg

 

Tata Cara Pendaftaran Gugatan Online

2.ecourt.jpg

 

 

Tata Cara Pembayaran Biaya Perkara Secara Online

3.ecourt.jpg

 

 

Panggilan Secara Elektronik (E-Summons)

5.ecourt.jpg

 

 

Kemudahan menggunakan E-Court

4.ecourt.jpg

 

Panduan Manual E-court :

1.  user_manual_e-Court_untuk_advokat.pdf

2.  user_manual_e-Court_untuk_pengadilan_tingkat_pertama.pdf  

3.  user_manual_e-Court_untuk_pengadilan_banding.pdf  

4.  user_manual_fitur_ecourt_pada_SIPP.pdf